Uji Konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dgn Premium, Pertamax, Pertalite


 Mulai sejak pertama kalinya meluncur th. 2008, motor Honda BeAT sudah jadi motor terlaris di Indonesia (bahkan juga dunia!). Berdasar pada angka penjualan tahunan, skutik BeAT sukses jual rata-rata 2 jutaan unit per-tahun. Aspek kenyamanan, ketangguhan mesin dan mengkonsumsi bahan bakar yang efektif jadi pertimbangan paling utama ingindara motor pilih motor ini. Terlebih, versus paling baru 2015-2016 nya telah dibekali dengan mesin eSP, AGC Starter serta ISS (Idling Stop Sistem) yang bikin kerja mesin semakin tangguh dengan klaim bahan bakar yang lebih hemat. Nah, berapakah mengkonsumsi BBM Honda BeAT eSP CBS ISS ini? jika mesin kendaraan anda selama ini selalu membuat anda tidak nyaman dalam berkendara karena akslerasi kendaraan berkurang, sebaiknya gunakan pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan serta ikut berpastisipasi dalam program pemerintah dalam go green


Kesempatan ini, saya sedikit tergoda untuk menjajal mengkonsumsi BBM motor matic mungil berkapasitas 110 cc ini. Pengujian mengkonsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS ini dicoba menggunakan 3 type bahan bakar yang tidak sama, Premium, Pertalite serta Pertamax92 untuk lihat seberapa penting ketidaksamaannya.

Pengujian memakai cara full-to-full. Tangki di isi hingga fulltank luber lalu digunakan hingga habis, kemudian di isi kembali sampai fulltank untuk lihat berapakah liter yang terisi. Setelah itu angka itu dibagi dengan jarak yang sudah ditempuh.

Ada 2 type Honda BeAT 2015-16 yang di pasarkan, yakni standard serta ISS. Pihak AHM sendiri mengklaim feature dengan ISS bikin bahan bakar jadi lebih hemat, oleh karena itu pengujian dikerjakan dengan aktifkan feature ISS (Idling Stop) ini.
Mengkonsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dengan Premium
Terlebih dulu, tangki BBM di isi hingga full sampai sejajar dengan tutup tangki. Jepret dahulu oddometer ada di 104, 8 km.
mengkonsumsi bbm beat iss
Kemudian, motor dibawa keliling dengan style berkendara beragam dengan keadaan jalan raya di Jakarta serta Tangerang yang padat. Kecepatan rata-rata cuma 40-60 km/jam saja. Sesekali betot gas juga waktu jalanan agak lengang. Top speed dibatasi hingga 80 km/jam saja.

Kurang lebih gunakan 3 harian sampai jarum fuel mtr. menyentuh strip merah, posisi oddometer ada di angka 233, 8 km. Setelah itu, tangki di isi kembali hingga full sejajar dengan tutup tangki. Didapat angka 2, 434 liter. Jadi berapakah mengkonsumsi BBM nya?
mengkonsumsi bbm honda beat ISS
mengkonsumsi BBM Honda BeAT ISS dengan Premium
mengkonsumsi BBM BeAT ISS (Premium)
Itung-itungannya jadi.. 233, 8 km - 104, 8 km : 2, 434 liter = 52, 9 km/liter
Mengkonsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dgn Bahan Bakar Pertamax 92
Okkk.. Nextt..

Tangki BBM di isi gunakan Pertamax92 hingga full. Posisi oddometer jepret di angka 377, 7 km. Style berkendara tetaplah sama dengan terlebih dulu dengan jalanan padat serta lancar di rute Jakarta-Tangerang yang jadi santapan keseharian. hehe.. perlu anda ketahui bahwa mesin yang baik adalah mesin yang selalu dalam akslerasi stabil dan untuk itu di butuhkan bbm berkualitas, saran dari kami gunakan pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan untuk kendaraan anda tetap dalam kondisi baik

Digunakan sekitaran 2-3 hari, pada akhirnya balik lagi ke pom bensin di daerah Cipondoh, Tangerang. Sayangnya, di pom ini tak sediakan struk bikin gan, tetapi struk manual catat. Jadi, kesempatan ini tak ada fotonya. Namun, yang saya ingat angka yang tercetak di mesin pom tunjukkan angka 2, 95 liter gan waktu terisi kembali pada posisi full tank. Posisi oddometer waktu itu di angka 544, 9 km. Mari kita kalkulasi berapakah konsumsinya dengan BBM Pertamax Ron92

544, 9 km - 377, 7 km : 2, 95 liter = 56, 6 km/liter.
Mengkonsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dengan Bahan Bakar Pertalite

Pengujian paling akhir dikerjakan dengan bahan bakar Pertalite. ehm.. BBM Pertalite ini mudah juga buat motor BeAT. Larinya mudah, mesin juga halus. Hanya sayangnya, waktu isi di pom Daan Mogot, mas nya tak ngisi hingga full sejajar dengan tutup tangki seperti pengujian terlebih dulu. Masihlah ada ruangan sekitaran 3cm dari pada ketinggian umumnya. Waktu minta lebih dikit, nozzle nya telah ditempatkan kembali pada tempatnya. Yo wiiss, dah..
mengkonsumsi BBM BeAT CBS ISS pertalite
Posisi oddometer tunjukkan angka 699 km. Digunakana sekitaran 2 hari dibawa kembali pada pom bensin. Kesempatan ini, jarum oddo masihlah ada di tengah-tengah, dengan kata lain, tidaklah sampai strip merah seperti terlebih dulu. Posisi oddometer waktu pengisian kembali ada di angka 805 km.

mengkonsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS (Pertalite)
Jadi mengkonsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dengan Pertalite yaitu :

805 km - 699 km : 2, 17 liter = 48, 8 km/liter
Rangkuman Mengkonsumsi BBM BeAT 2016

Dari hasil pengujian di atas, jadi mengkonsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dengan bahan bakar Premium, Pertalite, serta Pertamax dijumpai bekisar di angka 49 - 56 km/liter.
Kecepatan rata-rata : 40-70 km/jam.
Paling hemat dengan Pertamax92 : 56, 6 km/liter
Paling boros dengan Pertalite : 48, 8 km/liter (tengah lakukan pengujian ke-2).
Di tengah-tengahnya ada Premium : 52, 9 km/liter

Sekianlah info tentang Uji Mengkonsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dgn Premium, Pertamax, Pertalite. Mudah-mudahan berguna : -)

Artikel spekmotor yang lain mangenai :
Honda BeAT eSP 2015 : Spesifikasi, Feature, Harga, Review
Kelebihan Honda BeAT eSP : Bedah Tehnologi eSP
Ketidaksamaan Honda BeAT eSP, BeAT Fi, BeAT POP
Mengkonsumsi Bahan Bakar Motor Bebek & Sport di Indonesia

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar